Perkawinan merupakan Sunnah Rasulullah SAW, yang menempatkan hubungan laki-laki(suami) dan perempuan(Istri) dalam ikatan yang terhormat(mitsaqon gholidho). Hal ini merupakan suatu hajatan khas manusia yang membedakan diantara makhluq lainnya.[1] Hajatan besar inilah yang nantinya akan menurunkan sebuah generasi-generasi berikutnya.
Dalam pernikahan ada prinsip-prinsip penting yang menunjangnya,baik pra nikah maupun pasca pernikahan. Pranika untuk menyiapkan bekal yang diperlukan dan pascanikah merupan pengamalan bekal yang sudah didapat dalam menjaga keutuhan pernikahan. Salah satu dari bagian prinsip tadi adalah memilih jodoh. Memilih jodoh berpengaruh besar karena nantinya akan bersama jodohnya itu dalam mengisi kesehariannya, sehingga diharapkan bisa saling melangakapi dan mengisi.
Akan tetapi sering kita jumpai realiata ketika seorang anak meminta persetujuan jodoh pilihannya orang tua tidak setuju, baik karena orang tua tidak menyukai dan menolak persetujuan anak, maupun orang tua telah menjodohkan anaknya dan mutlak tidak boleh membantah, seringkali kasus seperti ini memicu tindakan nekat seorang anak sehingga timbul perselisihan hubungan ayah dan anak. Hal sangat berpengaruh kepada keberlangsungan suatu perkawinan yang nantinya akan tenciptakan keharmonisan dalam keluarganya. Maka dari itu penulis mencoba menyajikan kaitan hak anak dan ayah dalam menentukan jodoh dengan judul besar kawin paksa.
PEMBAHASAN
- A. Takhrij Hadis
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ وَلَا الثَّيِّبُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ إِذَا سَكَتَتْ وَقَالَ بَعْضُ النَّاسِ إِنْ لَمْ تُسْتَأْذَنْ الْبِكْرُ وَلَمْ تَزَوَّجْ فَاحْتَالَ رَجُلٌ فَأَقَامَ شَاهِدَيْ زُورٍ أَنَّهُ تَزَوَّجَهَا بِرِضَاهَا فَأَثْبَتَ الْقَاضِي نِكَاحَهَا وَالزَّوْجُ يَعْلَمُ أَنَّ الشَّهَادَةَ بَاطِلَةٌ فَلَا بَأْسَ أَنْ يَطَأَهَا وَهُوَ تَزْوِيجٌ صَحِيحٌ
Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Hisyam telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abi Katsir dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bersabda: "Gadis tidak boleh dinikahi hingga dimintai izin, dan janda tidak boleh dinikahi hingga dimintai persetujuannya." Ada yang bertanya; 'ya Rasulullah, bagaimana tanda izinnya? ' Nabi menjawab: "tandanya diam." Sebagian orang berpendapat; Jika seorang gadis belum dimintai izin, kemudian seseorang mencari siasat, kemudian dua orang saksi dusta bersaksi bahwa laki-laki tersebut telah menikahinya dengan kerelaannya, dan hakim memutuskannya secara resmi, dan suami tahu bahwa persaksiannya adalah dusta, maka yang demikian tidak mengapa untuk menyetubuhinya, dan termasuk pernikahan yang sah.
Hadis-hadis yang setema dalam Kutub al-Sittah sebagai berikut:
BUKHARI - 4741
حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ حَدَّثَهُمْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الْأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ أَنْ تَسْكُتَ
BUKHARI - 6455
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُنْكَحُ الْأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ قَالُوا كَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ أَنْ تَسْكُتَ وَقَالَ بَعْضُ النَّاسِ إِنْ احْتَالَ إِنْسَانٌ بِشَاهِدَيْ زُورٍ عَلَى تَزْوِيجِ امْرَأَةٍ ثَيِّبٍ بِأَمْرِهَا فَأَثْبَتَ الْقَاضِي نِكَاحَهَا إِيَّاهُ وَالزَّوْجُ يَعْلَمُ أَنَّهُ لَمْ يَتَزَوَّجْهَا قَطُّ فَإِنَّهُ يَسَعُهُ هَذَا النِّكَاحُ وَلَا بَأْسَ بِالْمُقَامِ لَهُ مَعَهَا
HADIST MUSLIM NO – 2543
حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ الْقَوَارِيرِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ حَدَّثَنَا أَبُو
سَلَمَةَ حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الْأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ أَنْ تَسْكُتَ و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا الْحَجَّاجُ بْنُ أَبِي عُثْمَانَ ح و حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا عِيسَى يَعْنِي ابْنَ يُونُسَ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ ح و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ ح و حَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ وَمُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ ح و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ كُلُّهُمْ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ بِمِثْلِ مَعْنَى حَدِيثِ هِشَامٍ وَإِسْنَادِهِ وَاتَّفَقَ لَفْظُ حَدِيثِ هِشَامٍ وَشَيْبَانَ وَمُعَاوِيَةَ بْنِ سَلَّامٍ فِي هَذَا الْحَدِيثِ
ABU DAUD - 1791
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الثَّيِّبُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا الْبِكْرُ إِلَّا بِإِذْنِهَا قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا إِذْنُهَا قَالَ أَنْ تَسْكُتَ
TIRMIDZI - 1025
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُنْكَحُ الثَّيِّبُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ وَإِذْنُهَا الصُّمُوتُ
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عُمَرَ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَعَائِشَةَ وَالْعُرْسِ بْنِ عَمِيرَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ الثَّيِّبَ لَا تُزَوَّجُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَإِنْ زَوَّجَهَا الْأَبُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَسْتَأْمِرَهَا فَكَرِهَتْ ذَلِكَ فَالنِّكَاحُ مَفْسُوخٌ عِنْدَ عَامَّةِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي تَزْوِيجِ الْأَبْكَارِ إِذَا زَوَّجَهُنَّ الْآبَاءُ فَرَأَى أَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَهْلِ الْكُوفَةِ وَغَيْرِهِمْ أَنَّ الْأَبَ إِذَا زَوَّجَ الْبِكْرَ وَهِيَ بَالِغَةٌ بِغَيْرِ أَمْرِهَا فَلَمْ تَرْضَ بِتَزْوِيجِ الْأَبِ فَالنِّكَاحُ مَفْسُوخٌ و قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْمَدِينَةِ تَزْوِيجُ الْأَبِ عَلَى الْبِكْرِ جَائِزٌ وَإِنْ كَرِهَتْ ذَلِكَ وَهُوَ قَوْلُ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ وَالشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ وَإِسْحَقَ
NASAI - 3213
أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ دُرُسْتَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْمَعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الثَّيِّبُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ إِذْنُهَا أَنْ تَسْكُتَ
NASAI – 3215
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ وَهُوَ ابْنُ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الْأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ إِذْنُهَا قَالَ أَنْ تَسْكُتَ
IBNUMAJAH - 1861
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُنْكَحُ الثَّيِّبُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلَا الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ وَإِذْنُهَا الصُّمُوتُ
- B. Pembahasan Singkat biografi Rawi
- Muslim bin Ibrahim
- Kunyah: Abu ‘Amru
- Tahun: - w 222H
- Kalangan: Tabi'in kalangan tua/9
- Guru :Ishaq bin usman,Aswad bin Syaiban,Imail bin muslim,Hisyam bin Abdillah,Hisyam bin Yasir,Hisyam bin ‘Urwah,Jarir bin Hazm..
- Murid:Ahmad bin Hasan At tirmidzi,Hasan bin Yahya,Hajaj bin Sa’ir,Sulaiman bin Harb,Yazid bin Arham..
- Hisyam
- Nama lengkap: Hisyam bin Abdillah 'Abdullah Sanbar
- Kunyah:Abu Bakar
- Tahun: w152H
- Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan/7
- Guru:Ishaq bin ‘Abdillah al Anshori,Yahya bin Abi Katsir,Hasan Bashr,Abu ‘Ashom Bashr,.....
- Murid :Musa bin Isma’il, Muslim bin Ibrahim,Muhammad bin ‘Abdillah,’Abdillah bin Idris,Sa’id bin Sulaiman...
- Yahya bin Abi Katsir
- Nama lengkap: Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al Mutawakkil
- Kunyah: Abu Nashr
- Tahun: w 132 H
- Kalangan : Tabi'in kalangan biasa/5
- Guru: Abu Salamah bin 'Abdur Rahman bin 'Auf, Ibrahim bin ‘Abdillah,Ishaq bin ‘Abdillah bin Abi Tolhah,Anas bin Malik...
- Murid : Hisyam bin Abdillah,Hisyam bin Hasan,Hisyam bin Sa’id,Hisyam bin ‘Urwah,Harun bin Musa....
- Abu Salamah
- Nama lengkap: Abdullah bin 'Abdur Rahman bin 'Auf
- Kunyah: Abu Salamah
- Tahun:-w 94 H
- Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan/3
- Guru:Abu Bakar bin ‘Abdurrahman,Abu Bakar Bin ‘Umar,Abu Hurairah al Duusi,Yazid bin Sufyan,Yahya bin Abdurrahman,.
- Murid : Hisyam bin Urwah,Yazid bin Abdurrahman,Yusuf bin Sa’id,Muhammad bin Shihab,Yahya bin Abi Katsir,..
- Abu Hurairah
- Nama lengkap: Abdur Rahman bin Shakhr
- Kunyah:Abu Hurairah
- Tahun:-w57 H
- Kalangan : Shahabat/1
- Guru:Nabi Saw,Umar bin Khatab,Abu Bakar as Shidiq,Aisyah R.A,Hasan bin Tsabit,Ali bin Abi Tholib...
- Murid:Abu Hasan khalid,Abu Khalid al Ghafari,
- C. Komentar Terhadap para Rowi
- Muslim bin Ibrahim
Yahya bin Ma'in | tsiqah ma`mun |
Abu Hatim | tsiqah shaduuq |
Ibnu Sa'd | Tsiqah |
Ibnu Hibban | disebutkan dalam 'ats tsiqaat |
Ibnu Hajar al 'Asqalani | tsiqah ma`mun |
Adz Dzahabi | Hafizh |
- Hisyam
Al 'Ajli | Tsiqah |
Ibnu Sa'd | tsiqah tsabat |
Ibnu Hibban | disebutkan dalam 'ats tsiqaat |
Ibnu Hajar al 'Asqalani | tsiqah tsabat |
Adz Dzahabi | Hafizh |
- Yahya bin Abi Katsir
Al 'Ajli | Tsiqah |
Abu Hatim | Tsiqah |
Ibnu Hibban | disebutkan dalam 'ats tsiqaat |
Ibnu Hajar al 'Asqalani | tsiqah tsabat |
Adz Dzahabi | seorang tokoh |
- Abu Salamah
Abu Zur'ah | tsiqah imam |
Ibnu Hibban | Tsiqah |
- Abu Hurairah
Ibnu Hajar al 'Asqalani | Shahabat |
Dari tabel pendapat ulama diatas,dapat kita lihat bahwa semua Rawi masih dalam cakupan tsiqah sehingga dapat dipercaya dari intelektualitas dan keadilannya.
- D. Skema Sanad
Dalam i’tibaru sanah ini yang pemakalah ambil dari tiga jalur hadis yang dikeluarkan oleh Bukhari
Dari penjabaran biografi, pendapat ulama makan kita dapatkan keshahihan dari sanad hadis ini, sedangkan berakitan dengan matan karena masuk dalam periwayatan Shohih Bukhari maka kita dapat peringkat kitab yang tinggi dan dipercaya oleh jumhlur ulama sehingga hadi s ini tidak bermasalah
- E. Pembahasan Matan
Kawin paksa dapat didefinisikan sebagai sebuah pernikahan yang walinya memaksakan untuk melakukan pernikahan sedangkan si wanita tidak suka dengan pernikahan itu. Seperti jika dia dinikahkan dengan seorang lelaki yang dia sendiri sangat tidak suka, atau lelaki itu tidak memenuhi syarat yang dimintakan atau atau yang diajukan oleh pihak si wanita.[2] Kawin paksa akan membuat beban yang amat berat pada pihak si wanita, karena hak untuk memilih dan menetukan kelangsungan hidup masa depannya tidak ia dapatkan, termasuk menentukan jodoh yang ia akan jalani.
Memilih jodoh merupakan bagian prinsip penting dari perkawinan dimana seseorang menggunakan hak atas dirinya akan tetapi kemudian sering kali berbenturan dengan hak ijbar[3] yang dimiliki oleh walinya. Hal inilah yang menjadi polemik, bahwa Islam hak memilih jodoh bagi wanita menjadi kuasai penuh oleh wali mujbir lalu wacana seolah Islam melegalkan kawin paksa oleh orang tua terhadap anaknya dengan adanya hak ijbar dan mengarah kekonotasi ikhrah. Walaupun ketika kita melihat makna dasar dari mangsud ijbar dan kawin paksa dapat kita bedakan.
Ikrah merupakan suatu tindakan paksaan kepada seseorang untuk mengerjakan tertentu yang membahayakan diri,hingga dia sendiri tidak mampu melawannya.[4]
Ijbar sendiri merupakan tindakan atas dasar tanggung jawab perlindungan seorang ayah terhadap pernikahan anaknya, istilah ini sering kita jumpai dalam fiqh Islam bab pernikahan. Hak mujbir dimiliki oleh seorang ayah dan kakek.Adapun istilah wali merupakan seorang yang tahu betul keadaan apa yang di wakilinya,dan atas dasar ikatan emosianal.
Emapat mazhab besar mempunyai kriteria-kriteria yang berbeda mengenai perwalian dalam pernikahan.
Mazhab Malikiyah berpandangan bahwa persetujuan seorang gadis merupakan sunah dan persetujuan janda wajib.[5] Mazhab Hanafiah menyatakan persetujuan seorang gadis maupun janda merupakan satu keharusan dalam perkawinan,persetujuan gadis cukup dengan diam sedangakan janda harus dinyatakn dengan tegas[6].Imam Syafi’i berpendapat jika masih gadis kecil boleh dipaksa dengan syarat tidak menyebabkan kerugian bagi si gadis,Hak gadis dewasa berimbang dengan hak ayah akan tetapi cenderung menonjol pada hak ayah dengan anjuran musyawarah,dan janda berhak penuh atas dirinya.[7]Mazhab Hambali menyatakan bahwa wanita gadis boleh dipaksa asalkan sekufu’.[8]
Berkaitan dengan makna diam bagi gadis zaman Rasulullah lebih rinci dapat kita lihat dalam hadis:
Dari Umar bahwa jika Rasulullah hendak menikahkan salah satu perempuan, apakah ia anggota keluarganya sendiri maupun kerabat keluarga terdekatnyabeliau akan menjumpai perempuan tersebut dari balik tirai seraya berkata,”Wahai putriku , sesungguhnya si Fulan telah meminangmu. Jika kamu tidak menyukainya katakan tidak. Karena tidak ada seorang pun yang merasa malumaluuntuk berkata tidak [dihadapan orang terdekatnya]. Namun jika kamu mau sikap diammu merupakan persetujuan.”dalam sebuah riwayat ditambahkan:”Jika ia menggerakkan tirai, maka beliau tidak akan menikahkannya. Namun jika tidak menggerkkan tirai, maka ia akan dinikahkannanya.”
[9]hadis ini memberi informasi bahwa pemaknaan diam tidak hanya diam tidak berkata,akan tetapi ada varian lain dari diam yaitu diam gerak fisik(tidak mengerakkan tirai).
Posisi dari hadis Bukhari no 6453 dalam ranah masyarakat sekarang memberikan anjuran untuk menikahkan wanita dengan persetujuan atau izin. Perihal penajabaran pengamalan dalam matan yang menyatakan persaksian palsu merupakan sebuah pengamalan yang ketika kita teliti berkaitan dengan konteks tertentu,coba kita lihat dalam hadis Tirmidzi disana ada penyebutan kota Kufah dan Madinah.Asbabul Wuruj mikro dari hadis ini pemakalah belum menyantumkan, namun Asbabul Wuruj makro dari hadis ini berupa wujud dialog aktif dari Nabi dan Sahabat yang menenyakan perihal persetujuan wanita dalam hak ijbar.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan kawin paksa yang kemudian bersinggungan dengan hak ijbar di bab fiqh pernikahan diatas, maka dapat kita mendapat sedikit gambaran bahwa dalam kawin paksa yang berkonotasi kekuatan mutlak berlainan dengan hak ijbar yang mana wali mujbir dalam menikahkan anaknya ada kriteria-kriteria yang harus diperhatikan,dan tidak ada kuasa penuh mutlak, sebagimana yang terdapat dalam hadis secara umum dari riwayat Bukhari 6453.
Daftar Pustaka
Marhumah.Memaknai Perkawinan dalam Perspektif Keseratan.Yogyakarta:SUKSRS Offset,2009
Khiruddin Nasution.Hukum Pernikahan 1.Yogyakarta:ACAdeMIA+TAZZAFA,2004
Zaki Al-Barudi,Imad.Tafsir Wanita terj.Samson Rahman.Jakarta:Pustaka Al-Kaustar,2004
ebook Kuasa Hak Ijbar Terhadap Anak PerempuanPerspektif Fiqh dan HAM,Arini Robbi Izzati
software lidwa Pustaka ofline
software jawwami’ al kalem v.4.5
[1] Marhumah,Memaknai Perkawinan Dalam Perspektif Kesetaraan(Yogykarata:SUKSRS Offset,2009),hlm.iii.
[2]Imad Zaki Al-Barudi,Tafsir Wanita terj.Samson Rahman(Jakarta:Pustaka Al-Kaustar,2004),hlm.45.
[3] Hak wali untuk menikahkan
[4] Lihat..ebook Kuasa Hak Ijbar Terhadap Anak PerempuanPerspektif Fiqh dan HAM,Arini Robbi Izzati
[5] Khiruddin Nasution,Hukum Pernikahan 1(Yogyakarta:ACAdeMIA+TAZZAFA,2004),hlm.76.
[6] Khiruddin Nasution,Hukum Pernikahan 1,hlm.83.
[7] Khiruddin Nasution,Hukum Pernikahan 1,hlm.89.
[8] Khiruddin Nasution,Hukum Pernikahan 1,hlm.93.
[9] Lihat ....Dialektika suci keagamaan,hlm.29.